ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI PADA TAGAR #TANGKAP2ANAKJOKOWI DALAM MEDIA TWITTER

Jonathan Andre Saputra, M Ravii Marwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan aktor yang memegang peran kunci dalam tagar #Tangkap2AnakJokowi pada media sosial Twitter beserta jumlah dan luasnya jaringan komunikasi didalamnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah Social Network Analysis (SNA) dengan menggunakan netlytic.org dan software Gephi 0.9.2. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Computer Mediated Communication (CMC) dan DMO. Sampel yang digunakan berjumlah 3994 dari total populasi yang berjumlah 9855 cuitan. Hasil penelitian menunjukkan aktor yang paling populer dan menghubungi aktor-aktor lainnya dalam jaringan adalah @geloraco, @istana_clina10, @akunrecehpeduli, @always_resta305, dan @donwoi. Berdasarkan nilai sentralitas kedekatan, terdapat 803 aktor yang memiliki kedekatan dengan aktor lainnya atau memiliki kedudukan sempurna dengan nilai 1.0. Akun @istana_clina10 adalah aktor sentralitas keperantaraan yang berperan sebagai penghubung komunikasi diantara cluster jaringan yang berbeda. Aktor yang berperan penting sebagai opinion leader di dalam jaringan adalah @istana_clina10, karena memilki relasi yang luas didalam jaringan dan merupakan aktor terkuat dan terpopuler.


Keywords


Level Aktor, Media Sosial, Social Network Analysis, #Tangkap2AnakJokowi, Twitter

References


Digpasari, D. A., Widyawati, R. S., & Alamsyah, A. (2018). Ekplorasi Pola Interaksi dan Penggerak Opini Dalam Jaringan Sosial Pada Percakapan Bom Surabaya 2018 di Media Sosial Twitter. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 2(1), 19-23.

Nawawi, H. (1983). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Rafita, Y. (2014). Social Network Analysis Dalam Melihat Kecenderungan Pemberitaan Pada Akun Twitter “@ Detikcom” Dan “@ Metro_tv”. Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 67-81.

Sari, M. R., & Dwiyanti, K. T. (2018). Teori Graf dalam analisis jejaring sosial: Hubungan aktor utama dengan pengguna internal laporan keuangan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 15(1), 2.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wahid, U. (2018). Komunikasi Politik: Teori, Konsep, dan Aplikasi pada Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id