KOMUNIKASI PENYULUHAN DINAS PERTANIAN KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI DALAM MEMOTIVASI PETANI DI DESA BINA MAJU KECAMATAN RANGSANG BARAT

Mufidatul Khasanah, Rusmadi Awza

Abstract


Fenomena masalah yang terjadi di Desa Bina Maju adalah penurunan drastis produksi beras pada tahun 2020 yaitu 8.200 ton, padahal pada tahun sebelumnya menerima 11.000 ton, meskipun luas lahan bertambah tetapi tidak meningkatkan pendapatan. . Namun pada tahun 2021 infrastruktur yang ada belum mendukung. Sehingga panen padi gagal karena air asin masuk ke sawah petani. Tidak hanya gagal panen padi, luas lahan pertanian padi juga mengalami penurunan akibat jebolnya tanggul dan air asin yang masuk ke sawah petani. Dalam setiap kelompok/individu pasti ada perbedaan pendapat dari masing-masing petani dalam pengelolaan padi, kurangnya komunikasi antar sesama petani yang mengakibatkan tidak adanya respon timbal balik, penyampaian informasi yang tidak akurat kepada petani dan saluran di media massa tidak berjalan dengan baik yaitu jaringan internet yang tidak berfungsi dengan baik. tidak memadai dan petani dengan pendidikan rendah sulit menangkap pesan dari penyuluh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk komunikasi yang digunakan oleh dinas pertanian berupa komunikasi verbal yaitu komunikasi langsung. Untuk saluran komunikasi menggunakan media tatap muka langsung dan media spanduk berisi undangan. Dalam komunikasi, hambatan biasanya disebabkan oleh perilaku individu yang berbeda. Namun, masalah ini memiliki solusi. Untuk memotivasi petani, dinas pertanian memberikan bantuan mesin canggih, benih padi dan mencari solusi atas faktor alam yang mereka hadapi saat ini

Kata kunci: Komunikasi Penyuluhan, Pertanian, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Agustinova, Eku Danu. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif, Teori & Praktik. Yogyakarta : Calpilus.

Anuar Rasyid, 2011.Komunikasi Penyuluhan . Pekanbaru ;CV.Witra Irzani

Hans A, Lao, 2018. Penyuluhan Pertanian, Jakarta : Erlanga

Kamaruzzaman, 2016. Komunikasi dan penyuluhan : Jakarta

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Media Group

Mardikanto, 1993. Penyuluhan pertanian kedudukan dan peranannya, Jakarta : Pustaka Cidesindo.

Moleong, Lexi J. 2005. Metodologi Penenlitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasution, Zulkarimen. 1995. Komunikasi Inovasi . Jakarta: Universitas Terbuka.

Prastowo, Andi. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Salim,Syahrum. 2012 Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suhardiyono, 1992. Penyuluhan: Petunjuk Bagi Penyuluh Pertanian, Jakarta: Erlangga.

Yasir, 2009. Pengantar Ilmu Komunikasi, Pekanbaru: CV.Witra Irzani Pekanbaru.

Media.

Eswandi, 2017. Komunikasi Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura dalam meningkatkan produksi padi di Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Jurnal Komunikasi penyuluhan, Volume 4, Nomor 1. Universitas Islam Riau dalam https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/search/search?simpleQuery=komunikasi+penyuluhan&searchField=query

Eliza Aprilia, dkk. 2018. Motivasi petani dalam mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga petani padi sawah didesa Jatiragas Hilir, Kecamatan Patok Besi, Kabupaten Subang. Volume 4, Nomor 3. Universitas padjadjaran dalam https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/275981-motivasi-petani-dalam mewujudkan-ketahan 428978

Maya Sari, STP., M.Sc, 2018. Peranan komunikasi dalam penyuluhan pertanian untuk pengembangan kemampuan pelaku kegiatan pertanian. Jurnal Komunikasi Penyuluhan, Volume 2 ,Nomor 1. Uin Suska dalam http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/article/download/5460/2435

Eswandi, 2017. Komunikasi penyuluhan Dinas pertanian pangan dan Holtikultura dalam meningkatkan produksi padi di Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Skripsi Sarjana. Pekanbaru: Program Studi Humas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau.

Lucia Desy Putri Pratama,2016. Komunikasi Penyuluhan badan koordinasi penyuluhan Provinsi Riau dalam upaya meningkatkan produksi pertanian pertanian di Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Pekanbaru: Program Studi Humas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau.

Ali Imam Arrasyid Pasaribu 2021. Strategi komunikasi penyuluh pertanian lapangan dalam pembinaan teknologi pascapanen tanaman jagung pada kelompok tani mulia bakti desa sumuran kecamatan batangtoru kabupaten tapanuli selatan provinsi sumatera utara. Medan: program studi magister ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas sumatera utara medan.

CYBEX. Kegiatan panen raya padi di desa bina maju dalam http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/91469/kegiatan-panen-raya-padi-di-desa-bina-maju/ Diakses pada Jumat 11 September 2020.

DATA RIAU. Produksi Padi di Desa Maju Menurun Dratis, Tahun Sebelumnya 11.000, Kini Hanya 8200 Ton dalam https://www.datariau.com/detail/berita/Produksi-Padi-di-Desa-Maju-Menurun-Dratis--Tahun-Sebelumnya-11-000--Kini-Hanya-8200-Ton diakses pada 22 Maret 2020.

GORIAU. Wujudkan Swasembada Pangan, Pemkab Meranti Dorong Peningkatan Produksi Padi dalam https://www.goriau.com/berita/baca/wujudkan-swasembada-pangan-pemkab-meranti-dorong-peningkatan-produksi-padi.html diakses 02/10/2020:14:26.

RIAU GLOBAL. Wabup Bersama Sekdaprov Riau Lakukan Panen Raya Padi di Desa Bina Maju Kecamatan Rangsang Barat dalam https://www.riau-global.com/pemkabmeranti-16514-2020-02-06-wabup-bersama-sekdaprov-riau-lakukan-panen-raya-padi-di-desa-bina-maju-kecamatan-rangsang-barat.html Diakses pada Kamis 17 September 2020: 21.08.

RIAU MANDIRI. Sekda Meranti Panen Raya Padi di Desa Bina Maju Rangsang Barat dalam https://riaumandiri.haluan.co/read/detail/67257/sekda-meranti-panen-raya-padi-di-desa-bina-maju-rangsang-barat di akses pada 11 September 2020: 13.44.

MEDIACENTER.RIAU. Pertanian Meranti Tumbuh 5 Persen Dalam 3 Tahun Terakhir dan Menteri Pertanian Akan Dialog Dengan Petani Meranti dalam https://mediacenter.riau.go.id/index.php/read/11700/pertanian-meranti-tumbuh-5-persen-dalam-3-tah.html dan https://mediacenter.riau.go.id/read/11637/menteri-pertanian-akan-dialog-dengan-petani-m.html di akses pada 11 September 2020: 17.08

NEWS.MERANTIKAB. Wabup Said Hasyim Bersama Sekdaprov Riau Lakukan Panen Raya Padi di Desa Bina Maju Kecamatan Rangsang Barat, Upayakan Peningkatan Produksi Menuju Meranti Swasembada Beras dalam http://news.merantikab.go.id/webnewsV2/webpage/berita/11150/HUMAS-wabup-said-hasyim-bersama-sekdaprov-riau-lakukan-panen-raya-padi-di-desa-bina-maju-kecamatan-rangsang-barat,-upayakan-peningkatan-produksi-menuju-meranti-swasembada-beras.html diakses pada 22 Maret 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id