STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN PELALAWAN DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA CAGAR BIOSFER DUNIA

Hevi Susanti, Nurjanah Nurjanah, Chelsy Yesicha

Abstract


Model komunikasi merupakan gambaran sebuah proses komunikasi yang memperlihatkan antara satu komponen komunikasi dengan komponen lainnya, model komunikasi juga merupakan deskripsi ideal mengenai apa yang dibutuhkan untuk terjadinya komunikasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menemukan Model Komunikasi Dalam Pelaksanaan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) Di Provinsi Riau. Dengan demikian model komunikasi seperti apa yang dijalankan oleh BNN Provinsi Riau dalam melaksanakan P4GN. Adapun metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif Kualitatif dengan studi kasus, kemudian teknik pengumpulan data dimana data di peroleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sebagai data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara penulis dengan informan yang berjumlah lebih dari satu orang. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa model komunikasi menyeluruh atau secara langsung yang dilaksanakan oleh BNN Provinsi Riau dalam pelaksanaan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika). Karena kenyataannya komunikasi secara langsung yang mampu memberikan pengaruh terhadap elemen-elemen, organisasi hingga ke masyarakat, dengan komunikasi langsung agar pihak-pihak yang ikut peranserta dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dapat membantu BNN dalam menekan tingginya tingkat penggunaan narkoba.
Kata Kunci: BNN Provinsi Riau, Model Komunikasi, Pelaksanaan P4GN.


References


Ardianto Elvinaro, 2010. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations, Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Ambarawati, Anak Agung Ayu. 2011. Evaluasi Strategi Promosi Dinas Pariwisata Provinsi

Bali dalam Event Pesta Kesenian Bali Untuk Menarik Wisatawan Mancanegara.

Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional „Veteran‟.

Arifin, Anwar. 2004. Strategi Komunikasi. Bandung: Armieo.

Barker, C. (2002) Making Sense of Cultural Studies : Central Problems and Critical Debates. London: Sage.

Bogdan, R.C., & Biklen, S.K.B. (1998) Qualitative Reseach for Education to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc,.

Bourdieu, P. (1986) Distinction : A Social Critique of the Judgement of Taste. New edn. London: Routledge.

Byker, D., & Anderson L. J., 2005, Communication In Human Resource Development,

Atlantic Publisher, pp. 73.

Cangara, H., 2011, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers.

Cutlip, S. M., Center, A.H., Broom, G.M., 2006, Effective Public Relations, Edisi ke-9, Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Creswell, J.W. (2003) Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. 2nd edn. Thousand Oaks, Calif.: Sage Publications.

David, F., 2002, Manajemen Strategi Konsep, Jakarta: Prehalindom, pp. 3.

Darmesta, Basu Swastha. (2002). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Devy, Helln Angga; R. B. Soemanto. (2017). Pengembangan Objek dan Daya Tarik Wisata Alam sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus Objek Wisata Air Terjun Jumog di Kawasan Wisata Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar). Jurnal Sosiologi DILEMA. 32(1):35.

Effendy, O. 1992. Spektrum Komunikasi. Bandung: CV Mandar Maju.

__________2007, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Findley, L. (2005) Building Change : Architecture, Politics and Cultural Agency. London:

Routledge.

Gitosudarmo, Indriyo. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Hutcheon, P. (1999) Building Character and Culture. Westport: Greenwood Publishing Group.

Jauch, L. R., Glueck,W.F., 1998, Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, Jakarta:

PT. Erlangga, cetakan ke3.

Kellett, P. (2000) 'Voice From the Barrio, Oral Testimony and Informal Housing Processes',

Lincoln, Y.S. and Denzin, N.K. (2000) Handbook of Qualitative Research. 2nd ed edn.

London: Sage Publications.

Moleong, Lexy J. (2011) Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mumford, L. (1940) The Culture of Cities. Offset edn. London: Secker & Warburg.

Oliver, Paul. 1987. Dwellings: The House Across the World. Oxford: Phaidon.

Patton, M.Q. (1990) Qualitative evaluation and research methods. Sage Publications.

Rani, Deddy Prasetya Maha. (2014). Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang). Jurnal Politik Muda. 3(3):413415.

Rahmi, Siti Atika. (2016). Pembangunan Pariwisata dalam Perspektif kearifan Lokal. Jurnal Reformasi. 6(1):77.

Richards, L. (2009) Handling Qualitative Data : A Practical Guide. 2nd edn. London: SAGE.

Rosady, R., 2003, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Raja Grafindo Persada, pp.90-91.

Sobur, Alex. 2009. “Analisis Teks Media : Suatu Pengantar analisis wacana, analisissemiotika, dan analisis framing”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba. Murtopo, A., 1978, Strategi Kebudayaan, Ijakarta: centre for Strategic and International Syudies-CSIS, pp.8.

Supratikno, H., Advanced Strategic Manangement; Back to Basic Approach, Jakarta: PT.

Grafindo Utama, 2003).

Suryanto, M., 2007, Marketing Strategu Top Brand Indonesia, Jakarta: Cv Andi Ofset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id