STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN PELALAWAN DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA CAGAR BIOSFER DUNIA
Abstract
Kabupaten Pelalawan memiliki hutan alami yang masih berfungsi sebagai suaka margasatwa yang ada di Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan. Hutan tersebut dikenal dengan nama hutan suaka margasatwa Kerumutan. Kawasan hutan ini menjadi salah satu hutan lindung. Kondisi hutan yang masih hijau, air sungai yang jernih dan pemandangan satwa yang akan terlihat di sebagian kawasan hutan dan berpotensi menjadi desstinasi wisata. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma rasionalistik digunakan dalam penelitian ini karena bertujuan untuk mengidentifikasi langkah, strategi dan media yang digunakan dapat menarik minat wisatwan datang berwisata ke hutan suaka marga satwa kerumutan yang saat ini telah di nobatkan sebagai hutan bisofer dunia oleh UNESCO. Hasil dari penelitian ini terdapat 3 hal yang dijadikan strategi dalam mencapai tujuan pemerintah setempat yaitu dengan pertama pengenalan khalayak, kemudian kedua penggunaan pesan dan yang ketiga penggunaan media sehingga strategi yang di lakuna oleh dinas terkait berjalan dengan baik dan terbukti dapat mendatangkan wisatawan lokal maupun wisatawan asing
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardianto Elvinaro, 2010. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations, Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Ambarawati, Anak Agung Ayu. 2011. Evaluasi Strategi Promosi Dinas Pariwisata Provinsi
Bali dalam Event Pesta Kesenian Bali Untuk Menarik Wisatawan Mancanegara.
Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional „Veteran‟.
Arifin, Anwar. 2004. Strategi Komunikasi. Bandung: Armieo.
Barker, C. (2002) Making Sense of Cultural Studies : Central Problems and Critical Debates. London: Sage.
Bogdan, R.C., & Biklen, S.K.B. (1998) Qualitative Reseach for Education to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc,.
Bourdieu, P. (1986) Distinction : A Social Critique of the Judgement of Taste. New edn. London: Routledge.
Byker, D., & Anderson L. J., 2005, Communication In Human Resource Development,
Atlantic Publisher, pp. 73.
Cangara, H., 2011, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers.
Cutlip, S. M., Center, A.H., Broom, G.M., 2006, Effective Public Relations, Edisi ke-9, Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Creswell, J.W. (2003) Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. 2nd edn. Thousand Oaks, Calif.: Sage Publications.
David, F., 2002, Manajemen Strategi Konsep, Jakarta: Prehalindom, pp. 3.
Darmesta, Basu Swastha. (2002). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Devy, Helln Angga; R. B. Soemanto. (2017). Pengembangan Objek dan Daya Tarik Wisata Alam sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus Objek Wisata Air Terjun Jumog di Kawasan Wisata Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar). Jurnal Sosiologi DILEMA. 32(1):35.
Effendy, O. 1992. Spektrum Komunikasi. Bandung: CV Mandar Maju.
__________2007, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Findley, L. (2005) Building Change : Architecture, Politics and Cultural Agency. London:
Routledge.
Gitosudarmo, Indriyo. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Hutcheon, P. (1999) Building Character and Culture. Westport: Greenwood Publishing Group.
Jauch, L. R., Glueck,W.F., 1998, Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, Jakarta:
PT. Erlangga, cetakan ke3.
Kellett, P. (2000) 'Voice From the Barrio, Oral Testimony and Informal Housing Processes',
Lincoln, Y.S. and Denzin, N.K. (2000) Handbook of Qualitative Research. 2nd ed edn.
London: Sage Publications.
Moleong, Lexy J. (2011) Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mumford, L. (1940) The Culture of Cities. Offset edn. London: Secker & Warburg.
Oliver, Paul. 1987. Dwellings: The House Across the World. Oxford: Phaidon.
Patton, M.Q. (1990) Qualitative evaluation and research methods. Sage Publications.
Rani, Deddy Prasetya Maha. (2014). Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang). Jurnal Politik Muda. 3(3):413415.
Rahmi, Siti Atika. (2016). Pembangunan Pariwisata dalam Perspektif kearifan Lokal. Jurnal Reformasi. 6(1):77.
Richards, L. (2009) Handling Qualitative Data : A Practical Guide. 2nd edn. London: SAGE.
Rosady, R., 2003, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Raja Grafindo Persada, pp.90-91.
Sobur, Alex. 2009. “Analisis Teks Media : Suatu Pengantar analisis wacana, analisissemiotika, dan analisis framing”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suryana. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba. Murtopo, A., 1978, Strategi Kebudayaan, Ijakarta: centre for Strategic and International Syudies-CSIS, pp.8.
Supratikno, H., Advanced Strategic Manangement; Back to Basic Approach, Jakarta: PT.
Grafindo Utama, 2003).
Suryanto, M., 2007, Marketing Strategu Top Brand Indonesia, Jakarta: Cv Andi Ofset.
DOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v10i2.7474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id