PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM) OLEH HUMAS SMAU CT FOUNDATION SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PUBLIKASI DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN

Authors

  • Hasan Sazali Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ainun Sukriah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.35967/jkms.v10i2.7471

Abstract

Salah satu upaya yang saat ini dilakukan berbagai lembaga atau organisasi dalam mempromosikan produk atau jasanya adalah dengan menggunakan social. Interaksi sosial dapat dilakukan melalui media sosial dalam memberikan ruang kepada masyarakat untuk mengirimkan pesan dan menerima pesan di dunia maya atau virtual. Media sosial yang banyak digunakan di Indonesia antara lain, Facebook, Instagram, twitter, whatsApp, line, youtube dan lain sebagainya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana humas SMAU CT Arsa Foundation dalam meningkatkan citra lembaganya dengan menggunakan media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial yang dilakukan Humas CT Arsa Foundation dalam meningkatkan dan mempublikasikan kegaitan dan prestasu siswanya di Instagram dan juga dalam menjalin hubungan dengan warga sekitar sebagai salah satu strategi humas SMAU CT Arsa Foundation dalam membangun good image.
Kata Kunci: Citra, Humas, Media Sosial.

References

Ariandry, N. (2019, 09 17). Skripsi (S1) Thesis, PISIP UNPAS. Retrieved from unpas.ac.id: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43601

Budhirianto, S. (2018). Analisis Wacana Media Terhadap Kebijakan Dan Citra Pemerintah Di Surat Kabar Daerah Pada Tahun 2017. JURNAL PIKOM, 104.

Eisyiah, N. (2017). Strategi Humas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 5-7.

Gregory, A. (2005). Public Relations Dalam Praktik. Jakarta: Erlangga.

Kurnia, I. H. (2013). Strategi Humas Dalam Meningkatkan Reputasi Sekolah. Jupe UNS, Vol 1, No 2, 2.

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaat Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Kompetensi, Vol 11, No 2, 220.

Lubis, E. E. (2012). Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Volume 12, Nomor 1, 57.

Mahfuzhah, H. (2018). Media Publikasi Humas Dalam Pendidikan. Al-tanzim Jurnal Menajemen Pendidikan Islam Volume 2 Nomor 2, 138-139.

Marta, R. (2015). Penggunaan Facebook Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Kain Tenun Songket Silungkang. Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi, 148-157.

Oktaviani, F. (2018). Penguatan Produk UMKM "Calief" Melalui Strategi Branding Komunikasi . Jurnal Abdimas BSI Vol. 1 No.2, 349.

Pertiwi, W. K. (2019, 12 23). Kompas .com. Retrieved from Kompas.com web site: https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia

Seputarilmu.com. (2019, 02 25). Seputarilmu.com. Retrieved from Seputarilmu.com: https://seputarilmu.com/2019/02/lembaga-pendidikan.html

Untari, D. (2018). Strategi Komunikasi Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriftif pada Akun @Subur_Batik). Jurnal Sekretari dan Manajemen, Volume 2, No. 2, 272.

Untari, D. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik. Jurnal Sekretari dan Manajemen, Volume 2, No. 2, 272.

weni, F. P. (2017). Straetegi Pemasaran Melalui Media Sosial. Skripsi, 27-30.

Wikipedia. (2017, 01 24). id.wikipedia.org. Retrieved from id.wikipedia.org: https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_Penentuan_Agenda.

Published

2021-11-18

Issue

Section

Articles