POLITICAL MARKETING PEMILIHAN KEPALA DAERAH BENGKULU UTARA TAHUN 2020

Yeni Kartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui political marketing tim pemenangan Mian-Arie dan kolom kosong sebelum dan sesudah pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkulu Utara  tahun 2020 dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan teori political marketing dengan pendekatan 4P (product, promotion, price and place).  Informan pokok dan informan ahli yang ditetapkan melalui teknik pusposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Kemudian data di analisis  dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapati: (1) tim pemenangan Mian-Arie berhasil meraih kemenangan dengan melakukan political marketing selama masa kampanye, produknya meliputi pasangan Mian-Arie, visi-misi dan program kerja. Citra yang dimilikipun positif dan memiliki strategi pemetaan wilayah yang terstruktur. (2) tim kolom kosong melakukan political marketing dengan partai pendukung menjadi produk mereka di media sosial. Citra kolom kosong di mata masyarakat adalah negatif, pemetaan wilayah merekapun tidak mencakup seluruh wilayah karena keterbatasan dana. (3) setelah pilkada, kedua tim tidak melakukan political marketing kembali

Kata Kunci: Political Marketing, Tim Pemenangan Mian-Arie, Kolom Kosong, Pilkada


References


DAFTAR PUSTAKA

Adhrianti, Lisa. 2014. Media Online dan Komunikasi Politik. Bengkulu : Seminar Besar Nasional Ilmu Komunuikasi

Beuving, Joost & Geert de Vries. 2015. Doing Qualitative Research. Amsterdam University Press.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.

Burhanuddin.2018. Kolom Kosong Dalam Pemilihan Kepala Daerah : STHI Amsir Pare-Pare

Creswell, J. W. (2009). Research Design - Qualitative, Quantitative, and mixed Approaches. Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches.

El-Erian, Mohamed. 2010, Navigating the New Normal in Industrial Countries, Washington DC: The Per Jacobson Foundation.

Guarte, Jacqueline. 2007. M. & Erniel B. Barrios. Estimation Under Purposive Sampling.

Harakan, A. (2017). Eksklusivitas Adat Dalam Bingkai Demokrasi di Indonesia. Jurnal Agregasi, 5(1).

Harun, Rochajat dan Sumarno, A.P. 2006. Komunikasi Politik sebagai Suattu Pengantar. Bandung : CV Mandar Maju

Kaid, Lyndaa Lee. 2004. Handbook Of Political Communication Research. London : LEA

Kotler, P., & Kotler, N. (1981). Business marketing for political candidates. Campaigns and Elections, 2, 24–33 Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Lestari, Linayati. 2014. Marketing Politik Pemenangan Jokowi – JK pada Pemilihan Presiden Tahun 2014. Riau : Jurnal Trias Politika

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Arif. 2019. Strategi Political Marketing Pasangan Hm. Wardan-H. Syamsudin Uti pada Pilkada Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2018. Pekanbaru : Universitas Abdurrab.

Newman, B. I. (Ed.). (1999a). Handbook of political marketing. Thousand Oaks, CA: Sage.

Niffenegger, P.B. (1989), Strategies for Success from the Politic Marketers. Journal of Consumer Marketing, Vol. 30, No. 10/11, pp. 45-51

Putri, Pusparani. Dkk. 2018. Artis Dan Pilkada (Politic Marketing Pemenangan Hidayat – Sigit Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Palu)

Romli, Lili. Pilkada Langsung, Calon Tunggal, dan Masa Depan Demokrasi Lokal. 2018. LIPI

Rosit, Muhammad. 2012. Strategi Komunikasi Politik Dalam Pilkada. Universitas Indonesia

Septianti, Anggi, dkk. 2020. Political Marketing dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2018 (Studi Kasus Tim Pemenang Herman Deru – Mawadi Yahya di Kota Palembang). Palembang : UIN Raden Fatah

Subiakto, Henry dan Rachmah Ida. 2012. Komunikasi Politik, Media dan Demokrasi. Jakarta : Pranadamedia Group

Stainback, W.S. and. 1989. Using Qualitative Data Collection Procedures to Investigate Suppoted Educations Issues, 14(1975).

Sugiono.2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susilo Adityo, dkk. 2019. Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jakarta : Universitas Indonesia

Teuku, May Rudy. 2005. Komunikasi dan Humas Internasional, Bandung: Refika Aditama, hal. 3.

Tosepu, R., Effendy, D.S., Ahmad, L.O.A.I. 2020. The first confirmed cases of covid-19 in Indonesian citizens. Public Health of Indonesia

Wu, dkk. 2020. The outbreak of COVID-19: An overview. Taiwan : Jornal Of The Chinise Medical Association

Yuriska, Panji Suminar, dkk. 2017. Analisis Tingkat Elektabilitas Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Tengah Tahun 2017. Bengkulu : Unib Shcolar Repository www.bengkuluexpress.com




DOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v10i1.7457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id