MAKNA LANGSING BAGI COACHEE DALAM KOMUNITAS ONLINE COACHING DIET #SENANGBUANGLEMAK
Abstract
Komunitas Online Coaching Diet (OCD) dilakukan secara online melalui media sosial. Dari gemuk menjadi langsing bagi coachee merupakan pengalaman tersendiri saat mengikuti OCD. Tujuan penelitian untuk mengetahui motif coachee mengikuti komunitas OCD dan untuk mengetahui makna langsing coachee komunitas OCD. Metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, informan dalam penelitian menggunakan teknik purposif sampling, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Hasil penelitian didapat bahwa Motif because motives adalah ingin menurunkan berat badan, kegagalan dalam mengikuti program diet lainnya, kondisi kesehatan yang memburuk, pendapat orang lain penampilan berbadan gemuk tidak menarik, Motif in order to motives adalah memperlancar kegiatan beribadah, mempermudah dalam mencari pakaian yang diinginkan, melatih dan menjaga pola makan, pola pikir dan pola gerak, menjaga kesehatan mereka sehingga tidak mudah sakit. Media sosial berperan besar dalam mengkonstruksi makna langsing, media digunakan adalah media What’s, Facebook, Youtube, Blog dan Web. Coachee memaknai langsing sebagai sehat, tampil menarik, percaya diri, kurus, bisnis, awet muda dan memiliki berat badan yang ideal.
Kata Kunci: Fenomenologi, Komunitas, Langsing, Motif, Media sosial.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Ardial. (2014). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi, Jakarta: Bumi Aksara
Bahar, Mahdi, Defrianti, Denny, F. (2017). Fenomena Tradisi Minum Daun Kawo di Desa Ujung Pasir. Jurnal Titian, 1(2). https://online journal.unja.ac.id/titian.
Gupta, Sumeet & Hee-Woong Kim, 2004, Virtual Community: Concept, Implication, and Future Research Directions, Procedings of Tenth Americas Conference on Information System, New York
Khang, H., Ki, E. J., & Ye, L. (2012). Social media research in advertising, communication, marketing, and public relations, 1997-2010. Journalism and Mass Communication Quarterly, 89(2), 279–298. https://doi.org/10.1177/1077699012439853.
Lingga, Lanny. (2011). Gampang & Pasti Langsing Terbukti. Jakarta Selatan: PT. Agro Media Pustaka
MaiH. T. X., & OlsenS. O. (2013). Consumer participation in virtual communities: The role of personal values and personality. Journal of Marketing Communications, ahead-of-print, 1–21. [Taylor & Francis Online], [Google Scholar]
Morissan,2014. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa, Jakarta: Prenadamedia Group.
Piliang, Y. A. (2012). Masyarakat Informasi dan Digital: Teknologi Informasi dan Perubahan Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 143-156.
Putra, A. M., & Febrina, A. (2019). Fenomena Selebgram Anak: Memahami Motif Orang Tua. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1093. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.396
Prasanti, Ditha dan Indriani, Sri,2017. Interaksi Sosial Anggota Komunitas Let’s Hijrah dalam Media Sosial Group Line. Jurnal The Messanger, Vol.9 No.2
Khang, H., Ki, E. J., & Ye, L. (2012). Social media research in advertising, communication, marketing, and public relations, 1997-2010. Journalism and Mass Communication Quarterly, 89(2), 279–298. https://doi.org/10.1177/1077699012439853
Nasution, R. D. (2015). Meneropong Masa Depan Pendidikan di Indonesia (Penerapan Virtual Learning di Indonesia). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 489–497.
Nur Kusumaningrum, D., Adim Pradana, H., & Hardyanti, W. (2017). Komunitas Digital AIMI dan Gerakan Sosial Berbasis Facebook. Journal of Islamic World and Politics, 1(1). https://doi.org/10.18196/jiwp.1104
Rahmania, N. Z., & Pamungkas, I. N. . (2018). Komunikasi Interpersonal Komunitas Online Interpersonal Communication in Online Community www.rumahtaaruf.com. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 51–66. https://pdfs.semanticscholar.org/1abb/4e957605b8846410ddb9c5b2d554e1ab6180.pdf
Rini, Ayu. (2015). Rahasia Tubuh Langsing Ideal. Jakarta: Pt. Elex Media Komputindo
Sobur, Alex. (2014). Filsafat Komunikasi: Tradisi dan Metode Fenomenologi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Sumanto, Agus. (2009). Tetap Langsing dan Sehat Dengan Terapi Diet, Jakarta Selatan: Pt. Agro Media Pustaka.
Sumber Lain :
https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/18/11/03/phkx1e349-riskesdas-makin-banyak-penderita-obesitas-di-indonesia (https://www.herbalife.co.id)
DOI: http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v10i1.7451
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id