PERENCANAAN KOMUNIKASI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH PROVINSI RIAU DALAM MENANGANI PENYEBARAN COVID-19 DI PEKANBARU

Roshiful Qolbi

Abstract


Abstrak
Kota Pekanbaru adalah salah kota yang berpotensi dan berpengaruh dalam penyebaran Covid-19. Kompleksitas dari permasalahan bencana akan wabah Covid-19 tersebut memerlukan suatu penataan atau perencanaan yang matang dalam penanggulangannya, sehingga dapat dilaksanakan secara terarah dan terpadu. Tujuan penelitian adalah menjelaskan bagaimana perencanaan komunikasi BPBD dalam menangani wabah Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model perencanaan komunikasi Assifi dan French. Hasil dari penelitian ini bawah pertama, menentukan masalah dimana memecahkan masalah yang dihadapi dalam penangan covid-19 di pekanbaru yang melibatkan pada satuan peangkat dareah (BPBD,Dinkes, dan gugus tugas percepatan penangan covid-19). Kedua, khalayak merupakan tahap awal yang sangat menentukan arah dan tujuan perencanaan. Ketiga, Pemerintah memilih media sesuai dengan kebutuhan ataupu kesanggupan masyarakat. Keempat, proses yang mengukur hasil kegiatan program kota sehat berdasarkan target atau tujuan yang hendak dicapai dan telah dirumuskan sejak dimulainya kegiatan/ program tersebut. Pemprov Riau melakukan berbagai intruksi kepada seluruh instansi terkait berdasarkan aturan ataupun surat edaran dari pemerintah pusat sehingga dibentuklah sebuah aturan yang menjalankan tugas dan peran masing-masing. Terdiri dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sebagai actor utama dilapangan untuk beroperasi dan bersinergi dengan berbagai lintas sector pemerintahan terkait sehingga semuanya saling berhubungan satu sama lainnya.
Kata kunci: perencanaankomunikasi, BPBD, Dinkes, Covid-19

References


DAFTAR PUSTAKA

Aan Komariah, Djam’an Satori. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Afifuddin. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia

Bugin, Burhan. 2009. Analisis Penelitian Data Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dilla, Sumadi. 2007. Komunikasi Pembangunan Pendekatan Terpadu. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Dwidjowinoto, Wahjudi. 2002. Kesahihan Pengamatan dan Wawancara. Bahan Penataran Metode Penelitian Kualitatif bagi Dosen-dosen. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Ferguson, Sherry Deveraux. 1999. Communication Planning an Integrated Approach. Thousand Oaks: Sage.

Haddow, G. D, dan Kims. 2008. Disaster Communications, In A Changing Media World. London. Elsevier

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relation, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta:Kencana

Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Patilima, Hamid. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Ruslan,Rosady.2008. Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi. Jakarta:Rajagrafindo Persada.

Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Eko Harry, dkk. 2011. Komunikasi Bencana. Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi. Mata Adi Pressindo: Yogyakarta.

Wheelen & Hunger. 2004. Strategic Management And Business Policy, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Wimmer, R. D., & Dominick, J. R. 2000. Mass media research: an introduction, (6th ed.). Belmont, CA: Wadsworth Publishing Company.

Yasir. 2011. Perencanaan Komunikasi. Pekanbaru: Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Riau.

Jurnal : Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid., 2020, Social responsibility of medical journal: a concern for COVID-19 pandemic, dalam Jurnal Medical Journal of Indonesia, Vol 29 no 1-3,Indonesia, http://mji.ui.ac.id/journal/index.php/mji/article/view/4629/1699, diakses 1 April 2020.

Newman, Amy,. 2016, Communication Planning: A Template for Organizational Change dalam Cornell Hospitality Report, www.chr.cornell.edu, Vol. 16 No. 3, February 2016, New York, https://scholarship.sha.cornell.edu/chrreports/5/ diakses 1 April 2020.

Dian Wardiana Sjuchro, Ute Lies Siti Khadijah, Sapari Dwi Hardian, Evi Nursanti Rukmana, 2019, Komunikasi kebencanaan Radio Bunut sebagai radio komunitas di Sukabumi,dalam Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 7 No. 2, Desember 2019, Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia, http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/20737/0 diakses 1 April 2020.

Ayenigbara, Israel Oluwasegun, 2020, COVID-19: An International Public Health Concern, dalam jurnal Central Asian Journal of Global Health, Vol. 9 No. 1, Department of Health Education, School and Community Health Unit, University of Ibadan, Nigeria,https://cajgh.pitt.edu/ojs/index.php/cajgh/article/view/466/290, diakses 15 April 2020.

Maria Ulfa Batoebara dan Junaidi, 2018, Perencanaan Komunikasi Fasilitator Kesehatan Dalam Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dalam Jurnal Jurnal Warta, Edisi : 58 dengan ISSN : 1829-7463, Oktober 2018, Universitas Dharmawangsa,Jakarta, http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/387/380 diakses 15 April 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id