KOMUNIKASI TERAPEUTIK ANTARA TERAPIS DENGAN PASIEN AUTIS MENGGUNAKAN TEKNIK SMART ABA DI PUSAT TERAPI ANAK AUTIS CEMERLANG PEKANBARU

Ade Irda Savitri, Noor Efni Salam, Yasir Yasir

Abstract


ABSTRAK
Autis secara umum dipahami awam sebagai bentuk kelainan kondisi pada seseorang. Dunia medis menyatakan bahwa autisme adalah salah satu dari beberapa kondisi gangguan tumbuh kembang. Paradigma yang berkembang menyatakan bahwa autis tidak dapat disembuhkan, namun sekarang penderita autis dapat disembuhkan dengan melalui terapi ABA yang benar. Pekanbaru adalah salah satu kota yang memiliki angka penderita autis yang lumayan signifikan. Salah satu pusat terapi autis di Pekanbaru bernama Anak Cemerlang, telah menerapkan metode Smart-ABA yang terstruktur, sistematis, dan terukur sehingga proses terapi dapat membicarakan target kesembuhan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif interpretif dilihat melalui komunikasi terapeutik yang ditelaah bersamaan teori interaksi simbolik dan makna terkoordinasi untuk melihat bagaimana metode dan proses komunikasi yang diterapkan dalam Smart-ABA untuk proses kesembuhan penderita autis. Informan di dalam penelitian ini adalah mantan penderita autis yang kini sudah dinyatakan berperilaku wajar, verbal, dan mampu bersekolah di institusi formal.
Kata Kunci : ABA (applied behavior analysis), autis, komunikasi terapeutik, pusat terapi

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi., 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Effendy, Onong Uchjana, 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Effendy, Onong Uchjana, 2009. Human Relations & Public Relations. MandarMaju, Bandung.

Husein, Umar., 2005. Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis. Grafindo Persada.

Ibrahim, 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Kriyantono, R, 2006. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenana Media Grup, Jakarta.

Lisinus, Rafael dan Sembiring, Pastiria, 2020. Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (Sebuah Perspektif Bimbingan dan Konseling). Yayasan Kita Menulis, Jakarta.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss, 2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Salemba Humanika, Jakarta.

Mulyadi, Kresno dan Sutadi, Rudy, 2016. Autism is Curable, Benar Autisme dapat Disembuhkan. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Mulyana, Deddy, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif- Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyana, Deddy, 2018. Komunikasi Kesehatan – Pemikiran dan Penelitian. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ngalimun dan Zakiah, 2019. Komunikasi Kesehatan – Konseling dan Terapeutik. Parama Ilmu, Yogyakarta

Veeger, KJ, 1993. Realitas Sosial:Refleksi Filsafat Sosial Atas Hubungan Individu Masyarakat Dalam Cakrawala Sejarah Sosiologi. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Atkins, Walter, 2011. The History and Significance Of The Autism Spectrum. The University Of Toledo, USA.

Ahmadi, Dadi, 2008. Interaksi Simbolik. Suatu Pengantar. Jurnal Mediator, Vol.9 No.2, Desember 2008.

Kassem, Sara and Oroszi, Terry, 2019. Possible Therapeutic Use of Bumatenide in The Treatment of Autism Spectrum Disorder. Journal of Blosciences and Medicines, 7, 58-67, E-ISSN:2327-509X, P-ISSN:2327-5081.

Marhamah, 2019. Pola Komunikasi Anak Autis: Studi Etnografi Komunikasi Pada Keterampilan Interaksi di Sekolah Cinta Mandiri Lhokseumawe. Jurnal Al-Bayan, Volume 25 No. 1, Januari – Juni 2019, 1-34, E-ISSN:2549:1636, P-ISSN:1411-5743.

Suryawati, I.G.A, Alit, 2010. Model Penanganan Komunikasi Anak Autis Melalui Terapi Bicara Metode Lovaas. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Udayana, Bali, Vol I No. 01.

Nida, Fatma Laili Khoirun, 2013. Komunikasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol. 1 No. 2, Juli – Desember 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id