GAYA KEPEMIMPINAN DALAM MENERAPKAN FUNGSI DAN PERAN PUBLIC RELATIONS DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS LANCANG KUNING PEKANBARU

Muammar Revnu Ohara, Noor Efni Salam, Nurjanah Nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan dalam menerapkan peran dan fungsi public relations di lingkungan Universtas Lancang Kuning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan dari penelitian ini terdiri dari 8 orang yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan, dan Staff Humas Unilak dengan menggunakan teknik pemilihan informan purposive sampling,  sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan fungsi dan peran public relations di lingkungan Unilak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dalam mencapai keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pimpinan Universitas Lancang Kuning yaitu Rektor memiliki gaya kepemimpinan yang cenderung mengarah kepada Teori Y yang menganggap bahwasanya memandang manusia sebagai organisme biologis yang tumbuh, berkembang dan melakukan pengendalian terhadap diri sendiri.

Keywords


Gaya Kepemimpinan; Public Relations

Full Text:

PDF

References


Mahmudah. D. (2015). Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi Dalam Organisasi, Jurnal Studi Komunikasi dan Media (Vol.2). Jakarta

Robby, Adhitya, Noor Mohammad, & Hairunnisa (2018). Analisis Tugas Pokok dan Fungsi Hubungan Masyarakat Universitas Mulawarman, eJournal Ilmu Komunikasi Vol.6. Universitas Mulawarman.

Nugroho Setiadi, 2013, Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta. Kencana

R. Wayne Pace, Don F. Faulos, 2002. Komunikasi Organisasi: Strategi meningkatkan kinerja perusahaan (editor Deddy Mulyana, MA, Ph.D.), PT Remaja Rosdakarya Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id