KOMUNIKASI PERSUASIF PEMBINA DALAM MENEGUHKAN KEYAKINAN MUALAF PADA MUALAF CENTER PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v9i1.7394Keywords:
Komunikasi, Komunikasi Persuasif, MualafAbstract
Penelitian ini membahas mengenai Komunikasi Persuasif Pembina dalam Meneguhkan Keyakinan Mualaf pada Mualaf Center Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan dimaksudkan untuk Mengetahui dan menganalisis Unsur-unsur Komunikasi Persuasif, Teknik Komunikasi persuasif, faktor penghambat dan pendukung komunikasi Persuasif. Menggunakan kerangka konseptual yaitu komunikasi interpersonal dan komunikasi persuasif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa upaya Komunikasi Persuasif Pembina dalam Meneguhkan Keyakinan Mualaf dengan menggunakan unsur-unsur: Persuader, Persuadee, pesan, media, umpan balik dan efek, dengan teknik asosiasi, integrasi, ganjaran, tataan, dan red-herring. Faktor pendukung Komunikasi Persuasif Pembina dalam Meneguhkan Keyakinan Mualaf adalah motivasi pembina yang tinggi dan semangat mualaf. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga Pembina dan kurangya fasilitas belajar.
References
Burgon & Huffner. 2009. Human Communication. London: Sage Publication
Danim, Sudarwan. 2011. Menjadi Peneliti kualitatif. Bandung : Pustaka Setia
Darin E. Hartley, 2001. Selling E-Learning, American Society for Training and Development.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
Departemen Agama RI, 2009. Al-Qur’an dan dan Terjemahnya. Jakarta: Bumi Aksara.
DeVito, Joseph A. (2013) . The Interpersonal Communication. Book.edisi 11. Pearson Educations, Inc
Effendy, Onong Uchjana. 2010. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
Muhammad, Arni, 2012, Komunikasi Organisasi, Bumi Aksara: Jakarta.
Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Rakhmat, Jalaludin. 2010. Psikologi Agama: Sebuah Pengantar. Bandung: PT. Mizan
Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsepsi Aplikasi. PT. Raja Grafindo Perseda. Jakarta
Sugiyono, 2013. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : CV. Alfabeta.
Tim MKD IAIN Sunan Ampel, 2011. Akhlak Tasawuf. IAIN SA Press. Surabaya.
Widjaya. 2010. Ilmu Komunikasi, Pengantar Studi. Rineka Cifta, Jakarta.
Jurnal:
Al-Baydawi, Abdullah bin ‘Umar, Anwar at-Tanzil wa Asrar at-Ta’wil, Jld. I, ditahqiq oleh Aburrahman al-Mir’asyly, (Beirut: Dar Ihya’ at-Turats Al-‘Arabi 1418H), hlm. 38
Muhammad Ibnu Mukrim Ibn Manzur Al-Afriki Al-Misri. Lisan al-Arabi (Beirut: dar sodir), hlm. 21
Muhammad Nawawi Al-Jawi, Tafsir Uunir, Marah Labid, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011), hlm. 8
Muhammad Shidqi ‘Athori, al-Mu’jam al-Mufahros li Ahfadz Al-Qur’an al-Karim, (Beirut: Dar Fikr, 2010). Hlm 14-20
M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur’an: Memfungsikan Wahyu dalam Kehidupan, jilid II (Tangerang: Lentera Hati, 2010), hlm. 18
Tan, N. M., Poa, A., & Sham, F. (2009). Keperluan Memahami Psikologi Saudara Muslim. Jurnal Hadhari: An International Journal, 1(2), 83-97.
Zaini, Syahminan, Kuliah Aqidah Islam, (Surabaya:Al-Ikhlas,1983), hlm.51
Internet:
http://mualaf.com/tujuan/pengertian-mualaf/
Mualaf Center Indonesia ,’’Pengertian Mualaf ‘’ dalam http://mualaf.com/tujuan/pengertian- HYPERLINK "http://mualaf.com/tujuan/pengertian-mualaf/"mualaf/ (16 Januari 2019).
http://mualaf.com/data-mualaf/
Audi Yudhasmara,’’Data Penduduk terkini Pemeluk Agama Islam di Dunia dalam https://islamislami.com/2015/11/27/26420/ (16 Januari 2019).
Departemen Agama RI Ditjen Bimas Islam dan urusan Haji Proyek Peningkatan Tenaga Keagamaan ‘’Pedoman Pembinaan Mualaf‘’ dalam http://simbi.kemenag.go.id/pustaka/images/materibuku/Pedoman%20Pembinaan%20Mualaf.pdf (16 januari 2019).
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.