STRATEGI HUMAS DALAM MEMPROMOSIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

Authors

  • Muhammad Untung Surapati
  • Anuar Rasyid
  • Nurjanah Nurjanah

DOI:

https://doi.org/10.35967/jkms.v9i1.7393

Keywords:

Strategi Humas, Promosi

Abstract

Strategi humas, bentuk promosi dan kendala humas dalam promosi.Pendidikan merupakan aspek terpenting dari proses pembangunan nasional yang ikut menentukan pertumbuhan ekonomi suatu negara serta investasi yang memiliki manfaat ekonomi dan sosial jangka panjang bagi individu, masyarakat luas maupun bagi negara. Berdasarkan Amandemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam Pasal 31 ayat (1), bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal. Untuk mencapai tujuan tersebut, Negara wajib menyediakan layanan pendidikan bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tanpa memandang status sosial, ras, etnis, agama dan gender.Menurut Cutlip, proses PR (public relations) mengacu kepada pendekatan manajerial. Proses perencanaan strategis dalam public relations ini terdiri dari: Fact Finding, Planning, communication, dan evaluation. Kasali mengadaptasinya menjadi: Pengumpulan fakta, definisi permasalahan, perencanaan dan progam, aksi dan komunikasi serta evaluasi. Promosi adalah salah satu elemen bauran pemasaran yang menggunakan prinsip komunikasi yang terencana dalam mempengaruhi pembeli.

References

Alex MA. (2005). Kamus, Ilmiah Populer Kontemporer. Surabaya: Karya Harapan.

Arief Furchan. (2007). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Akdon. (2007). Strategic Management for Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan) cet. 2. Bandung: Alfabeta

Anggoro, M Linggar. (2005). Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.H.A.W.

Widjaja. (2010). Komunikasi-komunikasi & Hubungan Masyarakat. Bumi Aksara

Downloads

Published

2020-08-20

Issue

Section

Articles