PERUBAHAN DARI MEDIA LAMA KE MEDIA BARU: TELAAH TRANSFORMASI PLATFORM MULTIMEDIA
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v9i1.7390Keywords:
platform, media lama, media baru, multimedia, transformasiAbstract
Tulisan ini membahas tentang tren perubahan platform media lama yakni TV dan Koran ke media baru seperti sosial media. Dimana hampir semua media massa kini menerapkan sistem multimedia atau media yang mencakup banyak tipe. Kini media tidak bisa hanya mengandalkan satu jenis basis atau bentuk, tapi harus mengikuti perkembangan zaman dengan bertransformasi ke beberapa bentuk (multi-platform). Perkembangan teknologi, ditambah dengan semakin mudahnya mendapatkan koneksi Internet dan mewabahnya penggunaan telepon genggam serta sosial media, menjadikan perubahan bagi media sebagai suatu keniscayaan. Perubahan dan perluasan bentuk media ini juga berkaitan dengan alasan ekonomi dan jangkauan sosial. Ekspansi bisnis menjadi salah satu motif dalam perluasan bentuk media.References
Craig, R. (2005). Online journalism; reporting, writing and editing for new media. USA: Thomson Wadsworth.
Duhe, S. F. Mortimer, M. & Chow, S. S. (2004). Convergence in TV newsrooms: a nationwide look. Convergence vol 10 no.2.
Eriyanto. (2001). Analisa wacana dengan analisis teks media. Yogyakarta: LKIS.
Gemiharto, I. (2015). Teknologi 4G-LTE dan tantangan konvergensi media di Indonesia. Jurnal Kajian Komunikasi vol.3 no 2. 212-220.
Griffin, EM. (2012). A first look at communication theory 8th ed. New York: Wheaton College.
Handini, V. A. , Choiriyati, W. & Ali, P. M. (2019). Model compliance gaining dalam komunikasi pilpres 2019 bagi milenial di media sosial. Prosiding Comnews.
Komputer, W. (2014). Membangun aplikasi mobile cross platform dengan phonegap. Jakarta: Gramedia.
Krippendorff, K. (2000). Analisis Isi Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta : Utan Kayu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.