PERUBAHAN DARI MEDIA LAMA KE MEDIA BARU: TELAAH TRANSFORMASI PLATFORM MULTIMEDIA

Authors

  • Melvia Meifitri
  • Elik Susanto

DOI:

https://doi.org/10.35967/jkms.v9i1.7390

Keywords:

platform, media lama, media baru, multimedia, transformasi

Abstract

Tulisan ini membahas tentang tren perubahan platform media lama yakni TV dan Koran ke media baru seperti sosial media. Dimana hampir semua media massa kini menerapkan sistem multimedia atau media yang mencakup banyak tipe. Kini media tidak bisa hanya mengandalkan satu jenis basis atau bentuk, tapi harus mengikuti perkembangan zaman dengan bertransformasi ke beberapa bentuk (multi-platform). Perkembangan teknologi, ditambah dengan semakin mudahnya mendapatkan koneksi Internet dan mewabahnya penggunaan telepon genggam serta sosial media, menjadikan perubahan bagi media sebagai suatu keniscayaan. Perubahan dan perluasan bentuk media ini juga berkaitan dengan alasan ekonomi dan jangkauan sosial. Ekspansi bisnis menjadi salah satu motif dalam perluasan bentuk media.

References

Craig, R. (2005). Online journalism; reporting, writing and editing for new media. USA: Thomson Wadsworth.

Duhe, S. F. Mortimer, M. & Chow, S. S. (2004). Convergence in TV newsrooms: a nationwide look. Convergence vol 10 no.2.

Eriyanto. (2001). Analisa wacana dengan analisis teks media. Yogyakarta: LKIS.

Gemiharto, I. (2015). Teknologi 4G-LTE dan tantangan konvergensi media di Indonesia. Jurnal Kajian Komunikasi vol.3 no 2. 212-220.

Griffin, EM. (2012). A first look at communication theory 8th ed. New York: Wheaton College.

Handini, V. A. , Choiriyati, W. & Ali, P. M. (2019). Model compliance gaining dalam komunikasi pilpres 2019 bagi milenial di media sosial. Prosiding Comnews.

Komputer, W. (2014). Membangun aplikasi mobile cross platform dengan phonegap. Jakarta: Gramedia.

Krippendorff, K. (2000). Analisis Isi Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta : Utan Kayu.

Downloads

Published

2020-08-20

Issue

Section

Articles