AUDIT KOMUNIKASI KAMPANYE STOP NARKOBA BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v7i2.7343Keywords:
Audit Komunikasi, Kampanye Stop Narkoba, BNNK Sergai.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis proses audit komunikasi serta menganalisis tanggapan masyarakat yang menghasilkan evaluasi terhadap kampanye Stop Narkoba. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dilakukan di BNNK Serdang bedagai (Sergai) terhadap kampanye Stop Narkoba dari Januari hingga Juni 2017. Audit komunikasi dilakukan secara internal dan eksternal. Secara internal, dilakukan dalam merencanakan dan mempersiapkan pesan kampanye Stop Narkoba dengan teknik Profil Komunikasi Keorganisasian dari Pace & Faules. Sampel yang diambil berjumlah 31 responden pegawai BNNK Sergai. Audit komunikasi eksternal dilakukan dengan melihat tanggapan masyarakat terhadap pelaksanaan kampanye Stop Narkoba. Sampel diambil secara acak dari 2 (dua) kecamatan sebanyak 114 responden.
Hasil audit komunikasi internal dan eksternal diperoleh dalam kategori baik, dengan skor 3.145 dari skala 4. Audit komunikasi internal organisasi mengindikasikan bahwa organsiasi dalam keadaan sehat. Hal ini sejalan dengan Teori Informasi yang dipakai yang dengan melihat aliran informasi dalam organisasi berjalan lancar. Tanggapan masyarakat menunjukkan bahwa strategi komunikasi publik yang dilakukan telah efektif. Meskipun demikian terdapat beberapa hal yang dapat diperbaiki dalam rangka pencapaian keberhasilan kampanye Stop Narkoba dikegiatan selanjutnya, yaitu pemilihan saluran, media, teknik komunikasi dan khalayak yang harus lebih diperhatikan sesuai dengan karakteristik masyarakat yang ada di Kabupaten Sergai.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.