PENERIMAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM AKTIVITAS BELANJA ONLINE PADA KALANGAN WANITA BEKERJA DI KOTA PEKANBARU

Nita Rimayanti,, Rumyeni ', Evawani Elysa Lubis

Abstract


Tidak dapat dipungkiri penggunaan media sosial Facebook terus meningkat dari waktu kewaktu. Media sosial dimanfaatkan oleh penggunanya untuk berbagai tujuan. Berbagai fitur dan aplikasiyang lengkap dan menarik menjadikan media sosial sangat mudah untuk diterima oleh berbagai kalangan.Model penerimaan teknologi (technology accpeptance model) atau yang biasa disingkat dengan TAMoleh Davis (1989) mengasumsikan bahwa faktor kemudahan dan manfaat yang dirasakan memberikanpengaruh terhadap penerimaan atau penggunaan dari teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengidentifikasi pengaruh faktor kemudahan dan manfaat media sosial Facebook yang dirasakan olehpengguna dalam hal ini adalah wanita bekerja di kota Pekanbaru terhadap penerimaan atau penggunaanmedia sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 166orang responden wanita yang bekerja baik di instasni pemerintah maupun swasta di Kota Pekanbaru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik faktor kemudahan maupun manfaat yang dirasakan sama-samamemberikan pengaruh terhadap penerimaan media sosial di kalangan wanita bekerja di Kota Pekanbaru.Pengaruh tersebut termasuk dalam kategori sedang yaitu pada angka 58,5 persen.

Keywords


media sosial, Facebook, technology acceptance model, wanita bekerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________
Secretariat
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru, 28293
Telp/Fax : (0761) 563323, E-mail: jkms@ejournal.unri.ac.id