STRATEGI KOMUNIKASI INOVASI DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA
DOI:
https://doi.org/10.35967/jkms.v3i1.2560Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa strategi komunikasi inovasi
dalam mengembangkan potensi desa wisata meskom di Kecamatan Bengkalis. Selain itu,
penelitian ini juga ingin mengetahui faktor yang mempengaruhi dari strategigi komunikasi.
Penelitian ini menggunaskan metode kualitatitaf dengan studi deskriptif. Teknik pengumpulan
data dari penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan
dokumentasi. Strategi komunikasi dari Kecamatan Bengkalis dalam mengembangkan Desa
Wisata tidak cukup baik, meskipun pemerintah menggunakan strategi yang sama dengan
langkah-langkah yang sama untuk mencapai tujuan. Pembuatan strategi oleh pemerintah
tidak melibatkan masyarrakat. Implementasi strategi komunikasi dari pemerintah Bengkalis
denganmenggunakan beberapa media komunikasi seperti: brosur, pamphlet,pameran, dan
lain-lain. Tetapi strategi ini selalu berdampak pada psikologisosial dan sebagian dari orang-
orang tidak ikut berpartisipasi dalam lingkungan social, intensitas penggunaan media
komunikasi dan proses adopsi tanpa komunikasi berkelanjutan.
Kata Kunci : strategi komunikasi, pariwisata, inovasi, dan pemerintah
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.